Ilustrasi sederhana dari random network adalah ketika kita berada di dalam suatu acara dengan tamu yang sangat banyak, awalnya mungkin terbentuk beberapa kelompok dengan masing masing kelompok terdiri dari 2 – 3 orang, tetapi seiring berjalannya waktu, ketika para tamu diberikan makanan dan minuman maka kelompok tersebut akan berubah posisinya, serta yang tadinya tidak saling terhubung satu sama lain, menjadi saling terhubung (conected).
Tujuan dari random network model adalah membangun sebuah model yang dapat mereporoduksi sifat – sifat real network. Tantangannya yaitu bagaimana menempatkan link antara node sihingga dapat mereproduksi kompleksitas sistem nyata.

Langkah – mengkontruksi random network
(1) Mulai dengan node N
(2) Pilih pasangan node dan hasilkan angka acak antara 0 dan 1. Jika angka melebihi p, sambungkan pasangan node yang dipilih dengan link, jika tidak, biarkan mereka terputus
(3) Ulangi langkah (2) untuk masing-masing pasangan node N(N-1)/2


jumlah link dalam random network bervariasi di antara realisasi. Nilai yang diharapkan ditentukan oleh N dan p. Jika nilai p ditingkatkan, maka random network menjadi lebih padat: Jumlah rata-rata link meningkat secara linear dari = 0 ke Lmax dan average degree node meningkat dari = 0 hingga = N-1.

materi lengkapnya bisa di download pada link berikut Download here

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *