Apa itu MSB?
     Dalam perhitungan komputer, dikenal istilah Most Significant Bit ( MSB atau juga dikenal Urutan Terbesar Bit ( High-Order Bit )) merupakan angka bit yang memiliki nilai terbesar dalam bilangan biner. MSB juga termasuk sebagai bit yang paling kiri dikarenakan angka yang paling kiri termasuk angka yang memiliki jumlah besar.
     MSB adalah sebuah bilangan yang hanya terdiri dari dua angka yaitu angka 1 dan 0 yang berarti angka “1” sebagai memiliki nilai negatif dan angka “0” memiliki nilai positif. Misalnya pada sebuah byte 0101 1001, maka bit MSB-nya adalah bit yang terletak di paling kiri yaitu “0”.
     Hal ini sangat umum untuk menetapkan setiap posisi bit mulai dari 0 hingga N-1, dimana “N” adalah jumlah bit yang digunakan dalam biner. Biasanya, ini hanya untuk pangkat bit yang sesuai ( Seperti 231 ~ 20).
Apa itu LSB?
     Dalam perhitungan komputer, dikenal juga istilah Least Significant Bit (LSB)LSB adalah bagian dari barisan angka biner yang mempunyai nilai paling kecil atau tidak berarti. Letak LSB adalah barisan bit yang paling kanan. LSB sendiri adalah kebalikan dari MSB.
     Misalnya pada sebuah byte 0101 1001, maka bit LSB-nya adalah bit yang terletak di paling kanan yaitu “1”. Terkadang diberi huruf “b” pada akhir bilangan menjadi 0101 1001b . Bilangan tersebut dapat berarti:
     Dalam barisan angka “1” yang terletak di atas, angka “1” paling kanan bernilai “1,” dan angka tersebut adalah yang paling kecil. Angka tersebut disebut dengan Least Significant Bit atau LSB.

 

 

modul LSB here

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *